Tour Wisata Ke Candi Ijo Jogja

Salah satu kenikmatan tersendiri jika kita berwisata menikmati alam sambil belajar.  Anda bisa temukan ini di candi Ijo. Candi yang berada di wilayah Sambirejo Prambanan ini memiliki nilai historis dan memiliki pemandangan alam yang indah. Candi ijo merupakan candi yang bercorak hindu ini berada di 4 km arah Tenggara dari candi ratu boko dan 18 km dari kota jogja. Tepatnya di dusun Groyokan Sambirejo Prambanan, Sleman.

Pemuan candi Ijo ternyata ditemukan secara tidak sengaja. Pada tahun 1886 administrator pabrik gula sorogedung yang bernama  HE Doorepal tanpa sengaja menemukan candi ijo untuk pertama kalinya saat sedang mencari lahan untuk penanaman tebu. Candi Ijo dibangun sekitar abad ke 10 sampai 11 masehi, pada jaman  kerajaan Medang periode Mataram. Candi ini terletak di lereng perbukitan batur Agung dengan ketinggian 425 mdpl. Dibawah bukit ini terdapat tebing breksi yang merupakan  geowisata di jogja. Candi ini disebut ijo karena berada di bukit yang disebut gumuk ijo.  Pemaknaan ijo dalam bahasa jawa berarti hijau, hal ini untuk pertama kalinya diceritakan dalam prasasti Poh yang diperkirakan berasal dari tahun 906 Masehi. Ketika Anda berada di candi ini, arahkan pandangan ke arah barat, anda akan temukan pemandangan persawaahan dengan bentang alamnya yang indah, anda juga bisa melihat landasan pacu bandara adisucipto, pantai Parangtritis.

candi ijo jogjaCandi Ijo memiliki luas 0,8 hektare ini memiliki 11 teras dengan ketinggian yang berbeda-beda. Teras berundak dengan bagian rendah di sisi barat dan bagian tertinggi di sisi timur mengikuti kontur  bukit.  Semakin ke belakang terasnya semakin tinggi dan pusat candinya berada di teras bagian belakang. Candi ijo memiliki teras yang membujur dari barat ke timur, dimana pada teras-teras tersebut terdapat gugusan bangunan candi.  Dari gugusan tersebut, candi ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu bangunan tak beratap dan bangunan beratap.  Pada bangunan tak beratap diperkirakan dulunya bangunan yang strukturnya berasal dari kayu. Inti candi berada di teras paling atas.  Disana dijumpai sebuah candi induk dengan tiga buah candi perwara yang berada di depan atau sisi barat candi. Di candi utama ini anda akan disuguhi rumput hijau yang membuat candi serasa luas.  Anda bisa nikmati bentang alam yang memikat di teras paling atas. Disini para wisatawan  bisa memanfaatkan utk berselfi, karena di tiap sudut candi bisa menjadi spot foto yg menarik.

Penasaran dengan bagian dalam candi?  Anda bisa melihatnya ketika berkunjung kesana.  Di bagian dalam candi ijo terdapat lingga dan yoni, kemudian pada candi perwara sebelah selatan terdapat lingga, candi perwara tengah terdapat lingga dan arca sapi, candi perwara utara terdapat  lubang segiempat.  Kemungkinan ketiga candi Perwara ini untuk pembukaan dewa Wisnu, Brahma, Siwa. Penataan candi seperti ini banyak dijumpai beberapa candi di Jawa Timur. Candi Ijo ini mirip dengan candi Barong yang berada disekitar 7 km dari candi ijo.  Penataan ruang di candi ijo ini bersifat komis dengan pusat berupa puncak gunung Meru yang melambangkan tempat tinggal bagi para dewa. Selalu menarik untuk diketahui  nilai historis dibalik bangunan – bangunan candi di candi Ijo. Maka disinilah pilihan yang cocok untuk anda bisa belajar sejarah  dan  juga menikmati alam.

wisata candi ijoAnda berminat tour wisata ke candi Ijo?  Tiket masuk sangat terjangkau, hanya Rp 5000 per orang untuk wisatawan domestik, untuk wisatawan mancanegara Rp10000. per orang. Harga tiket tidak menjadi mahal ketika anda sudah melihat pemandangan dan bintang alam yang indah dari candi dan tentu nilai historisnya yang bisa anda ketahui. Fasilitas disini sudah lumayan memadai, toilet, parkir, warung makan sudah tersedia disana.Candi Ijo dibuka setiap hari untuk pengunjung dari pukul 06.00 pagi sampai 17.30. Menikmati sunrise di Candi ini pada pagi hari pastilah menyenangkan. Sejuknya udara pagi dan melihat terbitnya mentari menjadi salah satu daya tarik yang anda temukan disini. Menikmati sunset juga tak kalah seru disini. Menikmati sunset akan lebih bagus disebelah barat  karena candi ini langsung berhadapan dengan daratan. Ajak keluarga dan kerabat untuk berlibur disini. Rute untuk ke obyek ini tidaklah sulit, dari kota Jogja menuju ke jl solo, sampai di km 16 (candi prambanan) belok ke arah piyungan setelah 15 menit ada papan nama candi ijo ikuti petunjuk tersebut.  Jika anda ke candi Ijo jangan lewatkan juga mengunjungi tebing breksi dan candi – candi yang ada didekatnya, seperti candi barong,  ratu boko, dll.  Happy traveling kawan.

Untuk mempermudah liburan anda, kami TiaTransport tour & travel siap untuk melayani anda beserta rombongan. Kami sediakan armada lengkap dengan banyak pilihan yang dapat anda cek disini, atau paket wisata jogja lainnya disini. Kontak kami untuk informasi selengkapnya dan pemesanan tour travel wisata ke candi ijo jogja dan tempat wisata jogja menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *