Sunrise dari punthuk setumbu

By | 26/05/2019

Punthuk Setumbu merupakan bukit setinggi kurang lebih 400 meter dpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, dapat ditempuh dari jogja sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

wisata-punthuk-setumbu

Untuk mencapai bukit ini tidaklah sulit sebab sudah terdapat petunjuk arah menuju lokasi. Dari depan Taman Wisata Candi Borobudur dapat melaju menuju Hotel Manohara, kemudian lurus terus ke arah perbukitan Menoreh. Tak jauh dari situ ada pertigaan dan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Kemudian belok kanan mengikuti petunjuk arah hingga sampai di tempat parkir Bukit Punthuk Setumbu.

Bukit Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu. Dari tempat ini wisatawan juga bisa melihat megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang berselimut lautan kabut. Bukit Punthuk Setumbu memiliki pemandangan pagi yang berbeda. Selain bisa menyaksikan mentari yang keluar perlahan dari Gunung Merapi atau Merbabu, wisatawan juga bisa menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian. Hingga akhirnya bukit Punthuk Setumbu menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan sunrise bagi wisatawan asing dan juga spot favorit para fotografer.

sunrise-punthuk-setumbu

Dulunya tempat ini merupakan ladang bagi penduduk. Namun setelah seorang fotografer mengabadikan gambar sunrise borobudur yang menawan dari tempat ini, orang-orang pun kemudian berdatangan untuk mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan sunrise. Wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Borobudur di kala fajar disarankan untuk tiba di tempat ini sebelum pukul 05.00 WIB. Dari parkiran yang ada di kaki bukit, wisatawan harus trekking sekitar 15 menit untuk mencapai puncak dengan rute berupa jalan tanah – makadam.

Puncak Punthuk Setumbu berupa pelataran luas yang dikelilingi pagar pembatas. Di tempat ini terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang bisa digunakan duduk menanti mentari terbit. Meskipun perjalanan treking di pagi hari sedikit melelahkan, namun hal tersebut akan terbayar lunas saat menyaksikan indahnya mentari pagi yang muncul dari balik gunung. Bagi yang tidak kuat trekking hingga puncak, tak jauh dari tempat parkir terdapat gazebo di mana wisatawan sudah bisa menyaksikan Borobudur dari kejauhan.

gazebo-punthuk-setumbu

Wisatawan yang akan menikmati keindahan sunrise dari Bukit Punthuk Setumbu harus membayar retribusi sebesar Rp 15.000 / orang. Bagi wisatawan dan fotografer yang ingin mengabadikan sunrise dari Punthuk Setumbu, maka waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat musim kemarau yaitu sekitar bulan Juni hingga Agustus. Pada bulan-bulan ini matahari dapat terlihat dengan jelas tanpa diselimuti mendung sehingga bisa mendapatkan momen yang terbaik. Selain itu trek menuju bukit tidak becek seperti saat musim hujan. jika ingin memotret Candi Borobudur berselimut kabut, pengunjung bisa datang kapan saja.

Fasilitas :

  • Mushola
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Penginapan
  • WC
  • Tempat Parkir
  • Ojek menuju puncak
  • Gardu Pandang (Spot Foto)
  • Camp Ground
  • Dan lainnya

Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu 2019 :

  • Rp. 15.000/orang [WNI]
  • Rp. 30.000/orang [WNA]

Parkir:

  • Rp. 2.000/motor
  • Rp. 5.000/mobil

Di kawasan wisata Punthuk Setumbu sudah terdapat penginapan berupa rumah warga yang memang disewakan dengan harga sewa sekitar Rp. 50.000 – Rp. 100.000/malam atau anda juga bisa menginap di Hotel sekitar tempat wisata.

Untuk kemudahan anda dan rombongan menuju bukit punthuk setumbu dapat menggunakan jasa rental mobil Tiatransport, dengan armada yang lengkap, driver yang selalu siap mengantarkan ke tempat wisata lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *