Ratu Boko di Bukit Penuh Kedamaian.

Berwisata sambil belajar dapat anda temukan disini. Menikmati alam sambil belajar sejarah. Istana ratu boko, atau yang orang sering bilang candi ratu boko. Berjarak 3 km dari selatan Prambanan dan 18 km dari kota Jogja. Secara administratif berada di dua dukuh. Terletak di dukuh Dawung desa Boko harjo dan dukuh Sumberwatu desa Sambirejo, Prambanan. Terletak di sebuah bukit dengan ketinggian 196 meter dari permukaan laut menjadikan tempat ini berhawa sejuk. Bukit ini merupakan cabang dari sistem pegunungan sewu yang membentang dari Yogyakarta hingga Tulungagung. Luas kompleks candi 25 ha, yang terbagi menjadi 3 yaitu tengah terdiri dari gapura utama, lapangan, candi pembakaran, kolam, batu berumpak, paseban, bagian Tenggara terdiri dari pendopo, Balai balai, 3 candi, kolam, keputren, gua, sedang bagian barat berupa bukit.

Situs ini ditemukan oleh orang Belanda bernama HJ De Graff. Sekitar abad 17 yang mendapat informasi dari orang Eropa yang berkunjung ke Jogja bahwa ada peninggalan sejarah berupa istana yang menarik di Bokoharjo.  Kontruksi batu disini berupa batu andesit, maka wajar jika ratu boko ini ada yang menyebutnya candi, tapi sebenarnya adalah istana. Dinamakan  keraton istana raja karena dilihat dari sisa dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan. Sisa pemukiman penduduk juga ditemukan disini.

wisata candi ratu bokoIstana yang awalnya bernama abhayagiri vihara (biara di bukit yang penuh kedamaian) didirikan oleh Rakai Panangkaran dari wangsa Syailendra pada abad ke 8. Tempat ini dibangun untuk tempat menyepi dan memusatkan diri pada kehidupan spiritual. Rakai Panangkaran sendiri adalah raja dari kerajaan Medang (Mataram budha) yang memilih untuk menyepi memusatkan pada spiritual. Namun kemudian bangunan wihara ini diambil alih oleh raja Mataram hindu. Dibangun kembali oleh Rakai walaing Pu Khumbayoni beragama hindu menjadi keraton lengkap dengan benteng pertahanan. Peralihan ini menjadikan kraton dipengaruhi oleh hindu dan juga Budha. Unsur hindu bisa dilihat dari yoni, arca ganesa dan durga. Unsur budha dilihat dari arca budha, reruntuhan stupa.

sunset di ratu bokoCandi ratu boko ini merupakan situs purba kala yang menawarkan daya tarik mempesona. Selain dari arsitekturnya, juga menawarkan panorama alam yang indah. Dari sini anda bisa melihat landscape pemandangan kota jogja. Anda juga dapat menikmati hamparan sawah yang membentang di kaki bukit. Jika cerah maka anda akan melihat kegagahan gunung merapi yang menjadi latar belakang candi prambanan. Posisi diatas bukit membuat udara sejuk dan pemandangan alam yang indah.   Menikmati sunset, melihat matahari keperaduan dapat anda nikmati di sore hari. Datanglah ke situs ratu boko pukul 16.30 dan pastikan cuaca cerah.  Untuk menikmati indahnya sunset anda harus bergegas ke gerbang situs boko, karena di titik inilah indahnya sunset bisa anda nikmati. Yang suka fotografi tempat ini menjadi alternatif lokasi untuk bidikan lensa anda.  Anda bisa ambil posisi untuk berfoto di anak tangga, tengah gerbang atau di pelataran atas setelah masuk gerbang. Ketika Anda ambil posisi di pelataran setelah masuk gerbang maka anda akan melihat matahari seperti bola kuning berada dalam gerbang situs ini. Bentuk bangunan yang bervariasi menjadi daya tarik dan memberikan suasana yang berbeda beda untuk pengambilan gambar. Tempat ini juga dijadikan pengambilan foto preweding. Biasanya spot foto yang digunakan ada di pelataran candi, depan gerbang candi dan juga hijaunya rumput antara gerbang hingga kompleks candi.

Bagi yang suka tracking wisata susur candi juga asyik. Anda bisa memulai track dari ratu boko, kemudian menuju candi candi sekitarnya seperti candi ijo, candi barong, banyu nibo. Masing masing candi ini jaraknya saling berdekatan. Tracking ini lebih asyik karena anda bisa menikmati pemandangan alam dengan menyusuri persawahan, menaiki bukit, menikmati sejuknya udara perbukitan.

Fasilitas disini sudah lumayan memadai. Parkir, toilet, cafetaria juga tersedia. Buka setiap hari  mulai pukul   06.00-17.00. Untuk masuk ke situs ratu boko anda dikenai tiket masuk 40000 per orang dewasa, 20000 untuk anak-anak.  Diskon untuk pelajar dan mahasiswa minimal 20 orang. Memang sedikit lebih mahal harga tiketnya, karena situs sejarah ini juga membutuhkan perawatan. Anda tidak akan kecewa karena anda puas menikmati pemandangan sekaligus menambah wawasan tentang kesejarahan di situs boko ini. Cek paket wisata jogja lainya di sini. Selamat mengeksplore ratu boko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *