Indahnya Sunset di Bukit Paralayang Parangtritis

Bukit Paralayang terletak di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY atau sekitar 3 km dari Pantai Parangtritis dan 30 km dari pusat Kota Jogja. Bukit Gupit atau Bukit Parang Endog populer dengan sebutan Bukit Paralayang, karena sering digunakan sebagai landasan untuk aktivitas olahraga paralayang yang cukup memicu adrenalin.

Sesuai dengan namanya, Bukit Paralayang merupakan bukit yang memiliki landasan kecil sebagai tempat lepas landas olahraga paralayang. Tepat diatas Pantai Parangtritis Jogja, tak hanya menjadi fasilitas olahraga, pesona alam yang eksotis mampu menarik beribu pasang mata untuk menyaksikannya. Jika pas momen para atlet sedang berlatih, anda akan disuguhkan atraksi yang menakjubkan. Nantinya, paralayang ini akan landing atau mendarat di landasan, tepatnya diantara pantai Parangkusumo dan pantai Depok Yogyakarta.

Buat anda yang ingin menikmati sensasi paralayang yang memicu adrenalin bisa ikut bermain paralayang bersama pemandu yang sudah profesional dengan biaya sekitar Rp 300.000-RP 350.000 per orang.

Bukit Parang Endog atau Bukit Paralayang Watu Gupit bisa menjadi destinasi wisata menarik di akhir pekan, terutama buat anda yang suka dengan spot-spot wisata alam dan sunset nan menawan. Bukit Paralayang yang memiliki ketinggian sekitar 900 mdpl ini memang merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di Jogja karena panorama alamnya yang begitu menakjubkan. Tempat ini juga menjadi tujuan para pesepeda yang ramai dikunjungi di pagi dan sore hari.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temui di tempat ini, salah satunya tentu saja menikmati keindahan Pantai Selatan dari atas ketinggian. Deretan pantai yang berjajar mulai dari Pantai Parang Endog di ujung timur, Pantai Parangtritis hingga Parangkusumo dan Depok yang tak kalah eksotis.

Meskipun pengunjung yang datang ke tempat ini cukup ramai terutama di sore hari, namun hal itu tidak akan mengurangi keindahan alam yang tersaji indah di depan mata. Selain panorama laut lepas yang menyejukkan mata, di ketinggian Bukit Paralayang anda juga akan dimanjakan dengan pesona alam perbukitan yang hijau dan asri. Suasana alam yang begitu syahdu dengan hembusan angin yang sejuk memberikan ketenangan tersendiri yang membuat pikiran semakin rileks.

Di tempat ini anda bisa mengeksplore spot-spot cantik untuk foto selfie sembari menikmati keindahan alamnya. Selain berburu sunset dan objek fotografi yang keren, di bukit ini andajuga bisa menyaksikan aktivitas paralayang yang belum tentu kamu dapatkan di tempat lain. Saat malam hari, di sini anda bisa jadikan lokasi alternatif untuk menikmati suasana romantis dengan pemandangan gemerlap cahaya di sekitar lautan.

Rute menuju bukit paralayang

Jika dari pusat Kota Jogja, anda bisa mencapai lokasi ini dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan atau sekitar 30 km dari pusat kota dan 3 km dari Pantai Parangtritis. Dari pusat Kota Jogja anda bisa langsung menuju ke arah Pantai Parangtritis dan mengarahkan kendaraan menuju ke Bukit Paralayang. Rutenya searah dengan jalan menuju ke Queen of the South Resort yaitu melewati jalan ke arah Panggang.

Selanjutnya di pertigaan bisa ambil ke arah kanan mengikuti jalan utama yang cukup menanjak, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima agar perjalanan tetap lancar. Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki beberapa anak tangga hingga sampai di puncak Bukit Paralayang. Tiba di puncak bukit anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata, membuat rasa lelah sirna seketika.

Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Meskipun berada di atas perbukitan namun fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini sudah cukup memadai, mulai dari toilet, area parkir, warung, dan mushola. Sebelum mencapai landasan paralayang, di bawah Bukit Paralayang juga terdapat sebuah cafe dengan konsep outdoor yang bagus. Di tempat ini, anda bisa menikmati secangkir kopi hangat sambil memandang keindahan laut lepas dari atas ketinggian.

Untuk masuk ke kawasan Bukit Paralayang Parang Endog, anda hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp 5.000 pada saat memasuki TPR di Pantai Parangtritis. Sementara di kawasan wisata Bukit Paralayang anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Selamat berlibur ke bukit paralayang, untuk mengeksplore wisata ini dapat menghubungi Tiatransport, yang akan menyediakan jasa sewa mobil, driver dan menemani perjalanan ke wisata bukit paralayang dan wisata lain disekitarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *